Jumat, 01 Mei 2015

TEORI BELAJAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN PERTEMUAN 28 APRIL 2015



Nama   : Istihani Arofah
Nim     : 11140182000050
Manajemen Pendidikan (2B)
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  (UIN) Jakarta
Hasil pembelajaran pada 28 April 2015

TEORI BELAJAR

Hari ini (28 April 2015)  saya telah mempelajari macam-macam teori belajar. metode yang diterapkan  dosen untuk mengajar kami di kelas sangat menyenangkan. Mahasiswa selalu diikut sertakan untuk menghidupi kelas. Jadi suasana kelas tidak hening dan tidak hanya suara dosen yang terdengar. Namun kicauan mahasiswa pun tak kalah menghidupi ruang kelas.
Yang pertama saya pelajari di kelas bersama teman seperjuangan adalah mengenai apa saja sih teori belajar itu? Ada teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitif,teori belajar humanisme, dan teori belajar konstruktivisme.

TEORI BELAJAR BEHAVIORISME
Behavior dalam psikologi atau juga disebut behaviorisme adalah aliran teori pembelajaran yang didasarkan pada tingkah laku yang diperoleh dari pengkondisian lingkungan misalnya seorang pelajar belum dikatakan berhasil dalam belajar ilmu pengetahuan sosial jika dia belum bisa melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat.
TOKOH-TOKOH TEORI BEHAVIORISME
1.      Ivan pavlov
2.      John Watson
3.      Edward Lee Thorndike

APLIKASI TEORI BEHAVIORISTIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Aplikasi ini memandang pengetahuan adalah objektif, pasti, tetap, dan disusun dengan rapi sehingga belajar adalah perolehan pengetahuan. sedangkan mengajar adalah memindahkan pengetahuan kepada orang yang belajar. menurut teori ini, dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output berupa respon. aliran ini menekankan terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar
KEKURANGAN DAN KELEBIHAN TEORI BEHAVIORISME
Kekurangan :
1.      Pembelajaran hanya terpusat pada guru
2.      Peserta ddik hanya mendengarkan dengan tertib penjelasan guru
3.      Peserta didik tidak bebas berkreasi dan berimajinasi
Kelebihan :
1.      Sangat cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan praktek dan pembiasaan
2.      Materi yang diberikan sangat detail
3.      Membangun konsentrasi pikiran dalam teori ini adanya penguatan dan hukuman dirasa perlu
TEORI BELAJAR KOGNITIF
Teori belajar kognitif adalah bagian terpenting dari sains kognitif yang telah memberi kontribusi yang berarti dalam perkembangan psikologi pendidikan. Dalam pandangan para ahli kognitif, tingkah laku manusia yang tampak tak dapat diukur dan diterangkan tanpa melibatkan proses mental seperti motivasi, kesenjangan, keyakinan, dan sebagainya.
TOKOH-TOKOH TEORI BELAJAR KOGNITIF
1.      Cognitive field (kurt lewin)
2.      Cognitive development (Piaget)
3.      Teori Benyamin S.Bloom
TEORI BELAJAR HUMANISME
Teori ini terutama tertuju pada masalah bagaimana tiap-tiap individu dipengaruhi dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungkan kepada pengalaman-pengalaman mereka sendiri
TOKOH-TOKOH TEORI BELAJAR HUMANIS
1.      Combs
2.      Maslov
3.      Rogers
TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME
Teori ini dedefinisikan sebagai pembelajaran yang mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari menurut teori ini, guru tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa namun siswa juga berperan aktif membangun sendiri pengetahuan didalam memorinya.
TOKOH-TOKOH TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME
1.      Driver dan Bell
2.      J.J Piaget
3.      Tasker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar