Nama : Istihani Arofah
Nim : 11140182000050
Manajemen Pendidikan (2B)
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri (UIN)
Jakarta
Hasil pembelajaran pada 28 April 2015
TEORI BELAJAR
Hari ini (28 April 2015) saya telah
mempelajari macam-macam teori belajar. metode yang diterapkan dosen untuk mengajar kami di kelas sangat
menyenangkan. Mahasiswa selalu diikut sertakan untuk menghidupi kelas. Jadi suasana
kelas tidak hening dan tidak hanya suara dosen yang terdengar. Namun kicauan
mahasiswa pun tak kalah menghidupi ruang kelas.
Yang pertama saya pelajari di kelas bersama teman seperjuangan adalah
mengenai apa saja sih teori belajar itu? Ada teori belajar behaviorisme, teori
belajar kognitif,teori belajar humanisme, dan teori belajar konstruktivisme.
TEORI BELAJAR BEHAVIORISME
Behavior dalam psikologi atau juga disebut behaviorisme adalah aliran teori
pembelajaran yang didasarkan pada tingkah laku yang diperoleh dari pengkondisian
lingkungan misalnya seorang pelajar belum dikatakan berhasil dalam belajar ilmu
pengetahuan sosial jika dia belum bisa melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan
sosial di masyarakat.
TOKOH-TOKOH TEORI BEHAVIORISME
1.
Ivan pavlov
2.
John Watson
3.
Edward Lee Thorndike
APLIKASI TEORI BEHAVIORISTIK
DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Aplikasi ini memandang pengetahuan adalah objektif, pasti, tetap, dan
disusun dengan rapi sehingga belajar adalah perolehan pengetahuan. sedangkan
mengajar adalah memindahkan pengetahuan kepada orang yang belajar. menurut
teori ini, dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan
output berupa respon. aliran ini menekankan terbentuknya perilaku yang tampak
sebagai hasil belajar
KEKURANGAN DAN KELEBIHAN TEORI
BEHAVIORISME
Kekurangan
:
1.
Pembelajaran hanya terpusat pada guru
2.
Peserta ddik hanya mendengarkan dengan tertib penjelasan
guru
3.
Peserta didik tidak bebas berkreasi dan berimajinasi
Kelebihan
:
1.
Sangat cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan
praktek dan pembiasaan
2.
Materi yang diberikan sangat detail
3.
Membangun konsentrasi pikiran dalam teori ini adanya
penguatan dan hukuman dirasa perlu
TEORI BELAJAR KOGNITIF
Teori belajar kognitif adalah bagian terpenting dari sains kognitif yang
telah memberi kontribusi yang berarti dalam perkembangan psikologi pendidikan. Dalam
pandangan para ahli kognitif, tingkah laku manusia yang tampak tak dapat diukur
dan diterangkan tanpa melibatkan proses mental seperti motivasi, kesenjangan,
keyakinan, dan sebagainya.
TOKOH-TOKOH TEORI BELAJAR
KOGNITIF
1.
Cognitive field (kurt lewin)
2.
Cognitive development (Piaget)
3.
Teori Benyamin S.Bloom
TEORI BELAJAR HUMANISME
Teori ini terutama tertuju pada masalah bagaimana tiap-tiap individu
dipengaruhi dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungkan kepada
pengalaman-pengalaman mereka sendiri
TOKOH-TOKOH TEORI BELAJAR
HUMANIS
1.
Combs
2.
Maslov
3.
Rogers
TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME
Teori ini dedefinisikan sebagai pembelajaran yang mencipta sesuatu makna
dari apa yang dipelajari menurut teori ini, guru tidak hanya memberikan
pengetahuan kepada siswa namun siswa juga berperan aktif membangun sendiri
pengetahuan didalam memorinya.
TOKOH-TOKOH TEORI BELAJAR
KONSTRUKTIVISME
1.
Driver dan Bell
2.
J.J Piaget
3.
Tasker
Tidak ada komentar:
Posting Komentar