RESUME KELOMPOK 12
A. PENGERTIAN
PENGAWASAN
“Pengawasan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk
menetapkan pekerjaaan apa yang sudahdilaksanakan, menilainya, dan bila perlu
mengoreksi dengan maksud supaya pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana
semula.” [1]
Pengawasan merupakan suatu usaha sistematik untuk
menetapkan standar pelaksanan tujuan dengan tujuan-tujuan perencanaan,
merancang sistem informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan
standar yang telah ditetapkaan sebelumnya, menentukan dan mengukur
penyimpangan-penyimpangan serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan.
B. PERANAN
PENGAWASAN
Pengawasan memegang peranan penting untuk mencapai tujuan
dari suatu aktivitas atau kegiatan. Dalam hal pendidikan pengawasan yaitu “kegiatan
yang mencakup penentuan kondisi atau syarat-syarat personal maupun material
yang diperlukan. Untuk tercapainya situai belajar mengajar yang efektif dan usaha
memenuhi syarat-syarat itu“
Dalam dunia pendidikan yang bertangung jawab atas pengawasan tidak hanya guru
melainkan siswa, orangtua, serta masyarakat juga ikut berperan dalam
pengawasan.
C.
TIPE-TIPE
PENGAWASAN
Tipe-tipe pengawasan adalah sebagai berikut :
1.
Pengawasan
awal (fredward control) yaiu kegiatan belum dilaksanakan untuk mencegah agar
tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak di inginkan sebelum terjadi;
2.
Pengawasan
tengah (concurrent control) yaitu kegiatan sedang dilakukan untuk memantau
kegiatan yang sedang berjalan/dilaksanakan;
3.
Pengawasan
akhir (feedbaack control) yaitu kegiatan dilaksanaan dari hasil pengawasan awal
dan pengawasan tengah
D.
PENTINGNYA
PENGAWASAN
Beberpa
faktor yang membuat pengawasan semakin diperlakukan oleh setiap organisasi,
antara lain :
1.
Perubahan
lingkungan organisasi
2.
Peningkatan
kompleksitas organisasi
3.
Kesalahan-kesalahan
Tanggapan audienc :
Pertanyaan :
1.
Anida
vera : tadi dijelaskan pengawasan itu sama dengan evaluasi jika dalam
organisasi evaluasi tetap di laksanakan, tapi
pengawasannya kurang. Bagaimana dampaknya?
2.
Zaki
maramis : apa maksud dari sibernatika?
Jawaban :
1.
Dampaknya,
organisasi tersebut tidak mampu menjalankan tugasnya dan mencapai tujan yang
telah ditentukan.
2.
Sibernatika
yaitu alat yang memprogram semua kegiatan diibaratkan seperti remote control
Tidak ada komentar:
Posting Komentar