Senin, 05 Januari 2015

PENGAWASAN MANAJEMEN

RESUME KELOMPOK 12

A.    PENGERTIAN PENGAWASAN
“Pengawasan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk menetapkan pekerjaaan apa yang sudahdilaksanakan, menilainya, dan bila perlu mengoreksi dengan maksud supaya pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana semula.” [1]
Pengawasan merupakan suatu usaha sistematik untuk menetapkan standar pelaksanan tujuan dengan tujuan-tujuan perencanaan, merancang sistem informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang telah ditetapkaan sebelumnya, menentukan dan mengukur penyimpangan-penyimpangan serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan.
B.     PERANAN PENGAWASAN
Pengawasan memegang peranan penting untuk mencapai tujuan dari suatu aktivitas atau kegiatan. Dalam hal pendidikan pengawasan yaitu “kegiatan yang mencakup penentuan kondisi atau syarat-syarat personal maupun material yang diperlukan. Untuk tercapainya situai belajar mengajar yang efektif dan usaha memenuhi syarat-syarat itu“
Dalam dunia pendidikan yang bertangung  jawab atas pengawasan tidak hanya guru melainkan siswa, orangtua, serta masyarakat juga ikut berperan dalam pengawasan.
C.     TIPE-TIPE PENGAWASAN
Tipe-tipe pengawasan adalah sebagai berikut :
1.      Pengawasan awal (fredward control) yaiu kegiatan belum dilaksanakan untuk mencegah agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak di inginkan sebelum terjadi;
2.      Pengawasan tengah (concurrent control) yaitu kegiatan sedang dilakukan untuk memantau kegiatan yang sedang berjalan/dilaksanakan;
3.      Pengawasan akhir (feedbaack control) yaitu kegiatan dilaksanaan dari hasil pengawasan awal dan pengawasan tengah

D.    PENTINGNYA PENGAWASAN
Beberpa faktor yang membuat pengawasan semakin diperlakukan oleh setiap organisasi, antara lain :
1.      Perubahan lingkungan organisasi
2.      Peningkatan kompleksitas organisasi
3.      Kesalahan-kesalahan


Tanggapan audienc :

Pertanyaan :
1.      Anida vera : tadi dijelaskan pengawasan itu sama dengan evaluasi jika dalam organisasi evaluasi tetap di laksanakan, tapi  pengawasannya kurang. Bagaimana dampaknya?
2.      Zaki maramis : apa maksud dari sibernatika?

 Jawaban :
1.      Dampaknya, organisasi tersebut tidak mampu menjalankan tugasnya dan mencapai tujan yang telah ditentukan.
2.      Sibernatika yaitu alat yang memprogram semua kegiatan diibaratkan seperti remote control




[1] Manullang,dasar-dasar manajemen, Medan: 1996

Tidak ada komentar:

Posting Komentar