Senin, 05 Januari 2015

PERBEDAAN MANAJEMEN DENGAN ADMINISTRASI

1.    PERBEDAAN MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI
Manajemen adalah rangkaian segala kegiatan kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Administrasi dalam arti sempit yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan ketatausahaan. Sedangkan dalam arti luas, administrasi adalahilmu dan seni dalam mengelola sumberdaya 7M + 1 i. (man, money,material,machines,methods,marketing,and minuts+ information)

2.    PERKEMBANGAN TEORI MANAJEMEN
Perkembangan teori manajemen sangatlah pesat oleh karena itu pembahasan dan pemahaman tentang manajemen mengenai sasaran, perlu dipelajari dahulu proses perkembangan-perkembangannya.
Teori-teori manajemen membuat lebih mudah bagi manajer untuk menjalankan fungsinya secara efektif.
Berikut ini Teori-teori manajemen :
a.       Teori manajemen klasik
b.      Teori hubungan antar manusia
c.       Teori perilaku

3.    BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
Berikut adalah bidang-bidang manajemen :
a.       Menejemen produksi : pelaksanaan kegiatan-kegiatan manajerial terhadap sistem-sistem produksi  dengan tujuan agar sistem produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien
b.      Manajemen pemasaran : kegiatan manajerial dalam menyebar luaskan suatu produksi kepada konsumen
c.       Manajemen personalia  : seni dan ilmu dalam pemeliharaan SDM untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
d.      Manajemen keuangan : kegiatan manajerial untuk menyediakan segala kebutuhan financial yang berhubungan dengan operasional suatu perusahaan atau organisasi
e.       Manajemen administrasi : cara mengajukan informasi mengenai administrasi sehingga dapat membantu manajemen.






4.    MADZHAB-MADZHAB MANAJEMEN
Berikut ini adalah madzhab-madzhab manajemen :
a.       Madzhab manajemen ilmiah : metode ilmiah yang memverifikasi atau menolak asumsi-asumsi dengan melakukan eksperimen yang terkendali
b.      Madzhab kelakuan : kelakuan manusia apa yang dicapai, bagaimana hal tersebut dicapai,dan pengaruhnya atas manusia yang dianggap penting daripada manajemen adalah hal yang penting dalam tindakan manajerial.
c.       Madzhab social : penentuan interaksi serta kerjasama manusia bersama-sama membentuk sebuah entitas social. Yang didasari atas kebutuhan untuk memecahkan pembatasan yang dihadapi manusia dalam lingkungannya.
d.      Madzhab manajemen sistem : sebuah sistem yang dapat dianggap sebagai keseluruhan yang terorganisasi dan terdiri dari bagian-bagian yang berhubungan cara tertentu dan yang ditujukan kearah tertentu.
e.       Madzhab manajemen berdasarkan keputusan-keputusan : menitik beratkan keputusan-keputusan manajerial yang sebenarnya tugas dari pihak manajer.
f.       Madzhab pengukuran kuantitatif : pada madzhab ini penganutnya memandang manajemn sebagai salah satu entitas logis, dalam tindakan-tindakan bentuk symbol-simbol matematis, hubungan-hubungan matematis dan data yang dapat diukur.
g.      Madzhab proses manajemen : penganut madzhab ini menganggap manajemen sebagai aktivitas yang terdiri daripada sub-aktivitas atau fungsi-fungsi dasar manajemen yang merupakan sebuah proses manajemen.
h.      Madzhab manajemen menurut keadaan : pengikut madzhab ini menekankan relevansi tindakan manajerial dengan ciri-ciri khusus situasi dimana terjadi kejadian tersebut


















Berikut ini tanggapan dari audienc :
1.      Nama               : Dian Oktaviani
Pertanyaan      : apa arti madzhab itu sendiri menurut kelompok kalian?
Jawaban          : madzhab adalah suatu tujuan seseorang tetapi menurut jalan/cara yang menjadi cirri khas orang tersebut.

2.      Nama               : Imelda Julia
Pertanyaan      : fungsi manajemen personalia itu apa?
Jawaban          : seperti fungsi manajemen pada umumnya.

3.      Nama               : Rizky priyandi
Pertanyaan      : tahun berapa perkembangan pesatnya teori manajmen ?
Jawaban          : pada tahun 1900.
Tambahan dari Rhomadhon : karena jika kita mengembang teori manajemen sampai sekarang, pastinya kita akan ketinggalan zaman sedangkan kita sekarang berada dalam zaman modern yang sudah terpengaruh arus globalisasi.

4.      Nama               : Indri Rahmawati
Pertanyaan      : dalam madzhab pengukuran kuantitatif, maksud dari mengoptimalkan input dan output itu apa?
Jawaban          : mengoptimalkan berarti bahwa apa yang paling baik bagi sebuah factor yang terpilih daripada sebuah keseluruhan seperti misalnya sebuah organisasi secara keseluruhan,departemen atau kelompok kerja dan setiaap alternative lain adalah kurang baik. Mengoptimalkan biasanya berhubungan dengan penjualan,laba bruto, penggunaan mesin-mesin,servis ataupun produktivitas.

5.      Nama               :  Amelia Kurnia
Pertanyaan      : apa factor-faktor penghambat pelaksanaan produksi?
Jawaban          : factor-faktornya sangat banyak. Tergantug dari bidangnya apa. Yang paling umum dijumpai adalah factor karyawan, macet, dan mesin yang rusak.

6.      Nama               : Zaki maramis
Pertanyaan      : kapan sistem administrasi dipakai dalam manajemen?

Jawaban          : dalam buku administration (1937) “tidak ada suatu hal untuk abad modern sekarang ini yang lebih penting dalam administrasi”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar