Senin, 05 Januari 2015

PENGORGANISASIAN MANAJEMEN (LANJUTAN)

Resume Kelompok  9
(LANJUTAN) PENGORGANISASIAN
Pengertian
Organisasi merupakan sekumpulan orang yang disusun dalam kelompok-kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga dengan kata lain, organisasi adalah sistem kerja sama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
a.      Tipe Organisasi
1.      Tipe organisasi garis atau line yaitu bentuk / struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol. Ciri-cirinya :
·         Organisasi masih kecil
·         Jumlah karyawannya sedikit
·         Spesialisasi kerja masih kecil
2.      Tipe organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor dalam tipe ini pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan.
3.      Tipe organisasi garis dan staf merupakan gabungan dari tipe garis dengan tipe fungsional, sehingga menyebar struktur organisasi tersebut
4.      Tipr organisasi fungsional dan staf adalah perpaduan dari tipe fungsional, garis, dan staf.
b.      Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi adalah suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus menerus oleh suatu organisasi. Pengembangan organisasi lebih menekankan pada sistem sebagai sasaran perubahan.
Tujuan Pengembangan Organisasi:
1.      Menciptakan keharmonisan hubungan kerja
2.      Menciptakan kemapuan memecahkan masalah organisasi secara terbuka
3.      Menciptakan keterbukaan dalam berkomunikasi
4.      Menciptakan semangat kerja pada anggota
c.       Keefektifan Organisasi
1.      Keefektifan individu
Kefektifan individu terletak padda individu masing-masing, jadi setiap individu dituntut unntuk efektif sehingga organisasi tersebut akan efektif juga. Keefektifan individu selalu di hitung melalui evaluasi dan akan berhubungan dengan kenaikan gaji.
2.      Keefektifan kelompok
Keefektifan kelompok adalah jumlah kontribusi semua anggota, jadi dalam berorganisasi terdapat kelompok kerja yang akan bekerja sama dalam menyelesaikan projec yang ditentuksn.

3.      keefektifan organisasi
Keefektifan organisasi adalah lebih banyak dari jumlah keefektifan individu dan kelompok, lewat pengaruh sinergi ( kerja sama ), organisasi mampu menciptakan hasil karya yang lebih tinggi tingkatnya daripada jumlah hasil karya tiap-tiap individu.

d.      Perubahan Organisasi
Perubahan organisasi adalah suatu proses dimana organisasi tersebut brpindah keadaannya yang sekarang menuju masa depan yang diinginkan untuk meningkatkan efektifitas organisasinya. Sehingga dengan perubahan organisasi ini dapat memberikan pengembangan bagi organisasi itu sendiri.

Tanggapan audience
Ø  Termin 1
Pertayaan:
Imel                 : manajemen konflik itu berpengaruh penting tidak pada kehidupan berorganisasi?
Afra                 : apa yang dimaksud dengan kerugian bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris?
Renaldi            : jelaskan tipe-tipe oraganisasi yang tadi telah disebutkan!
Jawaban:
Imel                 : manajemen konflik sangatlah penting, karena manajemen konflik ini berfungsi dalam memecahkan masalah yang terjadi dalam sebuah organisasi.
Afra                 : bersifat otokratis adalah sistem dimana kekuasaan hanya berada pada pimpina atau manajer, sedangkang diktatoris, adalah sistem dikte atau sistem anutan, jadi bawahan hanya nurut pada pimpinan saja.
Renaldi            : jadi tipe organisasi terdiri dari 4 tipe, yaitu:
1.      Tipe organisasi line adalah tipe organisasi yang paling tua, dan tipe organisasi ini bersifat lurus, jadi kebijakan dari manajer lurus kebawahan, dan bawahan mengikuti perintah manajer.
2.      Tipe organisasi fungsional adalah tipe organisasi yang manajernya memiliki wewenang terhadap bawahan yang masih terdapat hubungan fungsi manajer.
3.      Tipe organisasi garis staff adalah tipe gabungan dari tipe garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur  organisasi tersebut
4.      Tipe organisasi fungsional dan staff adalah gabungan dari tipe garis, fungsional, dan staff

Ø  Termin 2
Pertanyaan
Romadhon      : apa Bedanya antara pengembangan dan perubahan organisasi?
Anida              : Bagaimana cara merancang struktur organisasi yang efektif?
Jawaban
Rhomadon      : Pengembangan lebih condong ke perilaku untuk dikembangkan menjadi lebih baik sedangkan perubahan itu lebih condong kepada tujuan organisasi yang lebih baik dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Anida              :  jadi struktur organisasi yang efektif yaitu keanggotaan yang sesuai, baik kuantitasnya maupun kualitasnya. Jadi tidak sembarangan sehingga menyebabkan pengeluaran yang banyak. Kemudian tunjuk orang-orang yang memiliki kemampuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar