Minggu, 04 Januari 2015

KOMPONEN DAN KLASIFIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI

KOMPONEN DAN KLASIFIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Pengetahuan Komputer
Dosen Pengampu : Drs. Dindin Sobiruddin, M.kom





 Disusun oleh :

Istihani Arofah                                    11140182000050

MANAJEMEN PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2014







DAFTAR ISI

Daftar isi…………………………………………………………………….......... i

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang………………………………………………………….1
B.     Ruang lingkup masalah…………………………………………………1
C.     Tujuan penulisan………………………………………………………..1


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Garis Besar Komponen teknologi Informasi…………………………..2
B.     Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi……………………………….4

BAB III
 PENUTUP
A.    Kesimpulan………………………………………………………………...7
B.     Saran ……………………………………………………………………....7
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………..8















                                                           





i.


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah mengubah cara hidup masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Peranan dan keberadaan teknologi informasi dan komunikasi disegala sector kehidupan tanpa sadar telah membawa dunia kegerbang globalisasi tanpa batas dan tidak mengenal jarak. Siapapun dapat berkomunikasi dan mengakses segala informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan dimanapun keberadaannya. Hal ini tidak saja mendorong dunia bisnis dan usaha juga mendorong aktivitas belajar mengajar pun mulai dengan akses tanpa batas.

B.     Ruang lingkup masalah
1.      Apa Garis Besar Komponen Sistem Teknologi Informasi?
2.      Apa Saja Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi?

C.    Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah ini merupakan untuk memenuhi tugas dari mata kuliah pengetahuan komputer  dan untuk  melatih kemampuan mahasiswa dalam membuat tugas   serta meningkatkan kemampuan mahasiswa pada  mata kuliah pengetahuan computer terutama pada materi Komponen dan Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi.











                       


1.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Garis Besar Komponen Teknologi Informasi
Secara garis besar Komponen Teknologi Informasi  adalah sebagai berikut :
1.       Hardware (Perangkat Keras)
Hardware adalah istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi.  Sebagian di antara kita pasti sudah mengetahui, apa itu hardware. Hardware adalah seperangkat komputer yang secara fisik dapat kita lihat dan kita pegang.  Hardware menjadi komponen yang paling penting, karena Hardware merupakan media penyimpanan segala bentuk data dan  informasi.
Hardware dalam sistem komputer, terbagi atas 4 bagian, yakni :
a.       Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain/mengubah input menjadi output. Dirincikan sebagai berikut :  Primary storage Control unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system, Arithmatika and logical Unit tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika. Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan. Central Processing Unit, Disinilah jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses yang dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung. Berikut adalah organ utama dalam CPU :
·         Processor : Menjalankan program.
·         Motherboard : Motherboard adalah rumah dari perangkat dimana semua yang berhubungan untuk dapat masuk kedalam system harus melalui motherboard.
·         Video Graphics Adapter ( VGA ) : Perantara untuk menterjemahkan keluaran dari processor untuk ditampilkan  ke monior.
·         Power Supply Unit ( PSU ) : Mensuplai tenaga untuk semua komponen yang ada dalam  computer. Serta untuk menstabilkan voltase secara otomatis.
·         Harddisk : Salah satu jenis memori penyimpanan dalam computer.
·         Memory ( kecepatan ) : Semakin besar kapasitas memory semakin leluasa sebuah computer untuk mengeksekusi program.
b.      Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage. Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice recognizer. Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form ( bentuk dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: keytocard, keytotape, keytodisk,
2.

·         Keyboard : Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868.
·         Mouse : dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan tangan kita.
·         Monitor : disebut juga layar computer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
·         Processor : sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya.
·         Mainboard : sebagai kerangka mesin computer tempat processor dan komponen – komponen lainnya dipasang
·         Diskette Drive : disebut floppy drive, yaitu tempat memasukkan floppy disk (disket). Berfungsi membaca dan menulis data pada disket.
·         CD Drive : tempat memasukkan CD, berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD
·          Harddisk : adalah tempat penyimpanan data. Harddisk berada dalam casing (badan) komputer dan jarang di pindah-pindahkan (disebut fixed disk)
·         Memory (RAM) tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Accses Memory, yaitu memori yang bias diakses secara acak oleh processor.
·         VGA – Card : komponen yang berfungsi menampilkan gambar / tampilan pada monitor. (Video Graphics Array)
·         Sound Card : komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker
·         LAN Card : komponen yang akan menghubungkan computer dengan computer lainnya. Tidak selalu ada pada computer, dan dipasang jika diperlukan saja.
·         Modem : komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi internet, atau untuk mengirim data melalui jaringan telepon.
·         Stabilizer : menstabilkan arus listrik sehingga arus yang masuk ke dalam power supply komputer tidak terlalu naik – turun yang bisa menyebabkan kerusakan peralatan elektronik dan data.
·         UPS : untuk mencegah komputer mati ketika terjadi pemadaman arus listrik mendadak. Pada waktu listrik padam, UPS otomatis menyediakan daya listrik untuk computer.
c.       Unit Output, mencatat dan atau mencetak hasil pengolahan. (penyimpanan primer), berisi data yang diolah & program. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan ( huruf, angka, symbol khusus ), image ( dalam bentuk grafik atau gambar ), suara , dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin ( machine-readable form ).


3.


 Peralatan output dapat berupa :

·         Hard-copy device  yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
·         Soft-copy device yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Contoh
1.      Printer : Output device yang berfungsi mencetak data ( Dokumen, Picture, web page, dll )
2.      Monitor : Output device yang berfungsi menampilkan data-data dari CPU.
3.       Projector : Sama halnya monitor, projector berfungsi menampilkan data-data dari CPU, badanya adalah ukuran keluaran projector jauh lebih besar dari monitor.
4.      Speaker : Alat keluaran untuk device yang berupa suara.

d.      Primary storage : tempat penyimpanan
·         Pita Magnetik (Magnetic Tapes)
·         Floppy disk (diskette),
·         Zip Drive
·         Flash Disk
·         Hard Disk
·         Disk Optik (Optical Disk)

B.     Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi
Klasifikasi system teknologi informasi dapat dibedakan menjadi :
1.      Menurut Fungsi Sistem, 
Berdasarkan fungsi yang diemban sistem, sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi sistem teknologi informasi yang melekat (embedded IT system), sistem teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system, dan sistem teknologi informasi serbaguna (purpose IT System).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfiQAxhKnV8wF3ZavGshKbxjb4HqLyYCW8UhKhsV-A5Py_l-3lWs-b3B0GdpLhLZufGtVoA1Tsor0xRnkUUFRFBXDokOi44FMgcba6s6CiplkcE_El6XsD_egsP8QttphDAaOXxwsAJeh2/s200/VCR2.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqhgMo7UEb_GdkpUe31oDgNn1tqKBWtnBspg_IqPy7Yt1Ox8bsMJwvwOTUGD3gQH_hPiszrxVPHAAB36hHQWSKnWAU9b7VSxQwQuyXRFLvjA4xTWV74TPQirbhQKZ7UiUUjYVmnR4gvqyC/s200/elevator.jpg-
4.
·         Embedded IT system adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain. Sebagai contoh, sistem VCR (Video Casette Recorder) memiliki sistem teknologi informasi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tayangan televisi. Adapun sistem teknologi informasi pada lift dapat digunakan untuk mengendalikan gerakan lift dalam gedung pencakar langit. Misalnya, lift tertentu tidak bisa digunakan untuk lantai 2 sampai dengan 7 pada jam antara 07.00 sampai dengan jam 09.00.

·         Dedicated IT System, Dedicated IT system adalah sistem teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Sebagai contoh adalah ATM (Anjungan Tunai Mandiri)dirancang secara khusus untuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank
·         General purpose IT system adalah sistem teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum. Contohnya adalah Persoanal Computer (PC), yang merupakan peralatan yang dipakai di rumah atau perkantoran untuk mencatat pengeluaran, melakukan perhitungan statistik, membuat dokumen ataupun untuk belajar.
2.      Menurut Ukuran
Ukuran dalam pengklasifikasian sistem teknologi informasi tidak harus berupa ukuran fisik, tetapi cenderung didasarkan pada ukuran informasi yang ditampung, kemampuan sistem yang ditawarkan, kecepatan pemroses, dan juga berdasarkan jumlah orang yang menggunakan sistem secara bersamaan. Berdasarkan pengklasifikasian seperti ini, terdapat berbagai istilah yang sampai saat ini tetap digunakan untuk memberikan nama untuk kelompok komputer, sekalipun parameter yang diguankan untuk mengklasifikasikannya sering kali berubah seiring dengan perkembngan teknologi yang mendukung komputer. Kelompok tersebut adalahmikrokomputer, workstation, minikomputer, mainframe dan super computer


5.
3.        Klien - Server
Pada lingkungan yang mempunyai sejumlah komputer dan komputer-komputer tersebut saling terhubung dikenal dengan istilah klien – server (client – server). Pengertian server umumnya menyatakan sebuah komputer yang menyimpan data atau program yang dapat diambil oleh komputer-komputer lain atau menyediakan peranti seperti CD-ROM drive atau printer yang dapat digunakan oleh komputer-komputer lain. Adapaun klien (atau kadangkala dinamakan workstation) adalah komputer yang memanfaatkan layanan ayang disediakan oleh server.
Pada perkembangan lebih lanjut, istilah server tidak harus berarti komputer secara fisik, melainkan justru berupa perangkat lunak. Sebagai contoh, web server, adalah perangkat lunak yang berfungsi melayani permintaan halaman web oleh klien. Dengan demikian sebuah komputer dapat berfungsi menjadi berbagai server


6.

BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Mata kuliah ini menerangkan tentang berbagai macam konsep teknologi informasi, dan  Mata kuliah ini sangat penting dalam memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan menarik minat mereka untuk berinteraksi dengan teknologi informasi.

B.    Saran
Untuk kemajuan teknologi informasi teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.

               
 Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukan untuk menghancurkan moral moral bangsa.

  
                                                                        7.

DAFTAR PUSTAKA

·         Diakses dari : http://arfianova.blogspot.com/2011/09/komponen-teknologi-informasi-komponen.html pada tanggal 14 september 2014, pukul 06.44
·         Diakses dari : http://desy-pengantarteknologiinformasi.blogspot.com/2011/06/klasifikasi-dan-fungsi-sistem-teknologi.html pada tanggal 14 september 2014, pukul 06.46
·         Diakses dari : http://tifamufidafh.blogspot.com/2013/09/komponen-ti-dan-klasifikasi-ti.html pada tanggal 14 september 2014, pukul 06.50
·         Diakses dari : http://nita-maulina.blogspot.com/p/komponen-komponen-hardware-software_14.html pada tanggal 14 september 2014, pukul 08.00






                                                                        8.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar