Minggu, 04 Januari 2015

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI

TEKNOLOGI INFORMASI
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Pengetahuan Komputer
Dosen Pengampu : Drs. Dindin Sobiruddin, M.kom





 Disusun oleh :

Istihani Arofah                                    11140182000050

MANAJEMEN PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2014









KATA PENGANTAR

Puji syukur  kami  panjatkan kepada Allah  SWT  karena rahmat dan karunia-Nya saya di beri kesempatan untuk menyelesaikan tugas ini. Sholawat serta salam tidak terlupa tercurahkan
kepada baginda nabi Muhammad SAW yang senantiasa diharapkan syafaatnya dihari akhir nanti.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan tugas ini, termasuk kepada Dosen Mata Kuliah Pengetahuan Komputer  yaitu  Bapak Drs. Dindin sobiruddin, M.kom

Adapun Tugas  ini Teknologi Informasi”, yang saya buat dari berbagai sumber.
Semoga tugas ini  dapat  bermanfaat bagi para pembaca .Atas segala apa yang  berada di dalamnya, saya tidak memungkiri  bahwa tugas ini memiliki kelebihan maupun kekurangan. Oleh sebab itu, kami memohon untuk saran dan kritiknya.



















                                                                                                                                                                                       i.             
DAFTAR ISI


Kata pengantar……………………………………………………………………..i
Daftar isi…………………………………………………………………….......... ii

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang………………………………………………………….1
B.     Ruang lingkup masalah…………………………………………………1
C.     Tujuan dan manfaat penulisan
a)      Tujuan penulisan……………………………………………………1
b)      Manfaat penulisan…………………………………………………..1


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Teknologi Informasi………………………………………..2
B.     Sejarah Teknologi Informasi …………………………………………..3
C.     Manfaat  mempelajari Teknologi Informasi……………………………4
D.    Dampak positif dan negative Teknologi Informasi…………………….5-6

BAB III
 PENUTUP
A.    Kesimpulan…………………………………………………………………7
B.     Saran ……………………………………………………………………….7

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………..8


  

                                                            ii.


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk mengambil keputusan.
B.     Ruang lingkup masalah
1.      Apa pengertian teknologi informasi?
2.      Apa manfaat dan tujuan teknologi informasi?
3.      Apa dampak positif dan negative dari teknologi informasi?

C.     Tujuan dan manfaat penulisan

a)      Tujuan penulisan
Tujuan penulisan makalah ini merupakan untuk memenuhi tugas dari mata kuliah pengetahuan komputer  dan untuk  melatih kemampuan mahasiswa dalam membuat tugas   serta meningkatkan kemampuan mahasiswa pada  mata kuliah pengetahuan komputer ini.

b)      Manfaat penulisan
1.      Bermanfaat sebagai suatu proses belajar dalam membuat makalah.
2.     Bermanfaat sebagai suatu proses belajar untuk mengetahui atau mengenal lebih dalam tentang      teknologi informasi
3.   Untuk menambah pengetahuan tentang teknologi informasi











                                                            1.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Teknologi Informasi
Berikut beberapa pengertian teknologi :
1.      Teknologi adalah penggunaan pengetahuan ilmiah untuk meningkatkan cara  melakukan sesuatu. Teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan lingkungan dalam berbagai hal. Di kalangan masyarakat, teknologi telah membantu mengembangkan ekonomi yang lebih maju (termasuk ekonomi global saat ini
2.       Teknologi adalah cara di mana kualitas hidup manusia ditingkatkan dengan pengenalan produk baru.
3.      Teknologi adalah cabang pengetahuan yang berhubungan dengan penciptaan dan penggunaan sarana teknis dan yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan, masyarakat, dan lingkungan.
4.      Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan (kombinasi teknik ilmiah dan material) untuk memenuhi tujuan atau memecahkan suatu masalah.
Pengertian informasi :
1.      Informasi adalah Sekumpulan data/ fakta yang diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Dengan demikian yang menjadi sumber informasi adalah data.
2.      Informasi dapat juga dikatakan sebuah pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.

Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi.
            Sementara menurut Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
           
            Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Yang berfungsi
membantu manusia untuk memudahkan dalam melakukan pekerjaan. 
                                                                        2.



B.     Sejarah Teknologi Informasi
Pada  tahun 2000 SM, manusia berkomunikasi menggunakan gambar atau simbol simbol. Pada masa itu, manusia belum mengenal huruf seperti sekarang ini. Lalu bangsa Yunani kuno membuat simbol-simbol baru agar mudah digunakan dan disampaikan, hingga menjadi alfabet yang seperti kita gunakan sekarang ini.
Lalu seiring dengan jaman, banyak Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bermunculan. Dari adanya buku, hingga adanya mesin cetak yang ditemukan Johann Gutenberg dari jerman. Tentunya hal ini sangat memudahkan untuk penyampaian informasi.
Setelah ditemukannya mesin cetak, pada tahun sekitar 1600 ditemukanlah komputer pertama yang diciptakan Blaise Pascal yang dinamai Pascaline yang merupakan tonggak awal mesin pengganti otak manusia.
Seiring dengan banyaknya perkembangan yang muncul, lalu muncullah teknologi informasi berupa telepon, radio, kode mors, yang dapat berkomunikasi secara jarak jauh. Lalu penemuan itu dikembangkan hingga menjadi perangkat-perangkat yang ada seperti jaman sekarang.
Salah satu contoh penemuan yang mengalami perkembangan hingga menjadi perangkat seperti sekarang adalah telepon. Telepon pertama kali ditemukan bukanlah seperti telepon yang sekarang. Telepon jaman dulu memiliki desain dan bentuk yang masih jelek. Namun, setelah mengalami perubahan perkembangan, telepon berubah menjadi lebih baik. Selain itu, telepon dikembangkan menjadi handphone yang sekarang kita gunakan. Lalu, handphone tersebut juga dikembangkan hingga mnejadi smartphone dan tablet PC.
Tak dapat dipungkiri, perkembngan teknologi informasi memang mempunyai dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Apalagi dalam hal informasi dan komunikasi untuk manusia. Dampak tersebut tentunya memiliki dampak yang negatif dan positif. Namun dampak tersebut jika disikapi dengan bijak, pasti akan membawa dampak yang bagus bagi kehidpan kita semua. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga Teknologi Informasi agar tidak disalah gunakan.



                                                            3.


C.      Manfaat  Mempelajari Teknologi Informasi

Manfaat  mempelajari Teknologi Informasi :
1.      Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2.      Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi informasi, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3.      Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi  untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.
4.       Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TI, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5.      Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.


                                                                        4.


D.    Dampak positif dan negative Teknologi Informasi

Diantara dampak positif teknologi informasi adalah sebagai berikut :

1.      Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2.      Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3.      Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TI.
4.      Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
5.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak,
6.      Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos, internet dan lain-lain.
7.      Mengurangi ketertinggalan  pemanfaatan TI dalam pendidikan dibandingkan dengan negara berkembang dan negara maju lainnya.
8.      Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
9.      Berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat.
10.  Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
11.  Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
12.  Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
13.  Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka..
14.  Akses luar sekolah mempengaruhi kepercayaan pengguna. Siswa yang menggunakan komputer di rumah juga menggunakan komputer di sekolah lebih sering dan lebih percaya diri daripada siswa yang tidak memiliki akses di rumah mereka


                                                            5.



Diantara dampak negative Teknologi Informasi adalah sebagai berikut :

1.      Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.      Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3.      Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang e-book berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu computer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos system perbangkan dan lain-lain.
4.      Tidak menjadikan TI sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.
5.       Mempertimbangkan pemakaian TI dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TI. Analisis untung ruginya pemakaian.
6.      Mahasiswa dan kadang-kadang guru, bisa kecanduan aspek teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya karena topik dapat diajarkan melalui TI, tidak berarti bahwa itu diajarkan secara efektif via TI. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif melalui TI, dan ada uang yang tersedia, itu tidak selalu berarti bahwa selalu ada keuntungan untuk itu . Ada banyak studi atau kajian yang dilakukan untuk mencari dan melihat apakah penggunaan TI dapat meningkatkan pembelajaran .
7.      Perlu untuk tujuan yang jelas. TI dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) ketika tujuan untuk mereka gunakan tidak jelas. Seperti menggunakan internet untuk mencari video porno ketika menggunakan computer di sekola 

                                                            6.

BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat dan meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Baik untuk keperluan menyelesaikan pekerjaan sehari - hari di tempat kerja, maupun di dalam kehidupan pribadi atau keluarga. Perkembangan TI ini akan mendominasi dunia dan sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di masa mendatang.
Mata kuliah ini menerangkan tentang berbagai macam konsep teknologi informasi, dan  Mata kuliah ini sangat penting dalam memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan menarik minat mereka untuk berinteraksi dengan teknologi informasi.

B.    Saran
Untuk kemajuan teknologi informasi teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.

               
 Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukan untuk menghancurkan moral moral bangsa.



                                                                        7.

DAFTAR PUSTAKA





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar